December 30, 2010

Tugas Teori Organisasi Umum 1


KASUS : BANK SERUNI INDONESIA


Bank Seruni Indonesia adalah sebuah bank besar di Yogyakarta. Bank ini mempunyai empat cabang yang tersebar di empat kabupaten di DIY. Selama beberapa bulan manajemen telah dan sedang mempertimbangkan suatu perubahan prosedur-prosedur evaluasi latihan.Suatu perubahan akan mempengaruhi baik departemen personalia maupun para manager cabang. Rencana tersebut telah didiskusikan dengan semua orang yang dikenai, dan sebagian dari mereka menentang perubahan tersebut. Penyelia latihan, Atika Nurhadi, adalah seorang penentang yang paling keras.

            Setelah diskusi dengan para pengelola bank lainnya, wakil direktur bidang personalia , Ramona Dangdut, memutuskan untuk mengimplementasikan perubahan. Dia membentuk dan menyeleksi para anggota satuan tugas khusus untuk mengimplementasikan perubahan dan memilih Atika sebagai kepala satuan kerja tersebut. Ketika Ramona meminta kesediaan Atika, dia menerina jabatan itu, dan kemudian berkata : “ Bapak tahu bahwa saya menentang perubahan ini. Mengapa Bapak memilih saya sebagai pimpinan? “.
Ramona : “ Ya, saya mengetahui ketidaksetujuan saudara. Kami memilih saudari karena kami menganggap bahwa bila ada berbagai kekurangan dalam usulan perubahan, saudari akan menemukannya. Dan kami percata saudari dapat membetulkannya. “.

Pertanyaan Kasus :
1. Mengapa seorang manajer seperti Ramona memilih pemimpin oposisi untuk mengimplementasikan perubahan? Apakah saudara setuju dengan tindakan Ramona tersebut? Mengapa?
2. Barapa besar derajat kesuksesan Ramona dalam pelaksanaan perubahan menurut perkiraan saudara? Apa alasan saudara berpendapat demikian?
Jawaban :
1. Karena seorang manajer seperti Ramona menganggap bahwa bila ada usulan perubahan maka pihak oposisi akan menemukan berbagai kekurangan dalam perubahan tersebut dan membetulkan perubahan tersebut. Saya setuju, karena dengan dipilihnya pihak oposisi sebagai pemimpin dapat mengetahui dan memberikan solusi yang baik pada perubahan tersebut dikarenakan pihak oposisi mengetahui betul akan kekurangan-kekurangan tersebut sehingga dapat memberikan sesuatu yang lebih baik untuk perusahaan.

 2. Menurut saya, kesuksesan pelaksanaan perubahan yang akan terjadi sekitar 75 dertajat. Karena dengan dipilihnya pihak oposisi maka dapat memberikan pendapat dan solusi apa saja pada kekurangan perubahan tersebut sehingga perusahaan dapat menjadi lebih baik, tetapi dalam pelaksanaan perubahan juga memiliki berbagai hambatan dan kesulitan diantaranya pemimpin oposisi belum tentu ingin bekerja sama dan dalam melakukan perubahan butuh waktu unutk melakukan penyesuaian-penyesuain.

No comments:

Post a Comment