May 30, 2012

Resensi Buku - Basis Data dalam Tinjauan Konseptual



Keterangan buku:
·         Judul                     : Basis Data dalam Tinjauan Konseptual
·         Penulis                   : Edhy Sutanta
·         Penerbit                 : ANDI Yogyakarta
·         Tahun Terbit          : 2011
·         Halaman                : xxii + 266
·         Ukuran buku         : 17.3 cm x 24.5 cm
·         Berat buku            : 0.44 kg
·         Bahasa                  : Indonesia
·         Kategori                : Literatur Komputer

Isi resensi :
Kecanggihan teknologi komputer pada saat ini telah mendominisasi dalam hal pekerjaan termasuk dalam pengarsipan data-data dan kebutuhan pengolahan data untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Berbagai program komputer yang telah dibuat dengan menggunakan database dalam melakukan pengarsipan data-data membuat pekerjaan menjadi semakin mudah sehingga banyak perusahaan yang menggunakan program dalam pengarsipan data-data dengan konsep basis data dibandingkan manual. Namun dalam pembuatan program tersebut tidaklah sederhana penggunaannya sehingga banyak programmer yang masih mengalami kesulitan dalam membuat model, melakukan analisis, serta menyusun rancangan basis data yang optimal.
Buku “Basis Data dalam Tinjauan Konseptual” adalah buku karangan Edhy Sutanta dengan sebelumnya mendapatkan banyak saran, masukan, koreksi naskah oleh Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom. (Universitas Gunadarma Jakarta). Buku ini secara garis besar mengajarkan tentang pengarsipan data secara basis data, pandangan terhadap basis data, pemodelan data, perancangan basis data dengan teknik normalisasi, penulisan schema dan subschema, contoh studi kasus, serta aspek terkait dengan proyek pengembangan  sistem basis data dan berjumlah 266 halaman. Dimulai dengan BAB I PENDAHULUAN yang berisi “Komputer, Basis Data dan Evaluasi” pada bagian ini menjelaskan dari awal sampai akhir dari istilah komputer, perkembangan komputer, konsep basis data dan aplikasinya, data dan informasi, pengelolaan sistem informasi sampai evaluasi. Selanjutnya pada BAB II DEFINISI BASIS DATA DAN SISTEM BASIS DATA membahas tentang definisi basis data, sistem basis data, hierarki data dan evaluasi. Kemudian pada BAB III TUJUAN PENGEMBANGAN DAN KEUNTUNGAN BASIS DATA membahas tentang tuuan dan pengembangan basis data berikut evaluasi. Pada BAB IV BATASAN ATURAN BASIS DATA berisis tentang kerangkapan, inkonsistensi, keamanan dan integritas data serta data terisolasi berikut evaluasi dari keseluruhannya. Kemudian pada tentang BAB V ARSITEKTUR BASIS DATA menjelaskan tentang macam-macam, level, antarmuka antar pandangan terhadap basis data dan evaluasi. Selanjutnya pada BAB VI PEMODELAN DATA mengenal dan mempelajari tentang model, komponen, menggambar, contoh, kelebihan dan kelemahan Entity Relation Data (ERD) berikut dengan evaluasinya. BAB VII MODEL DATA ENTITY RELATIONSHIP. Pada BAB VIII MODEL DATA SEMANTIC membahas tentang komponen, menggambar, contoh, kelebihan dan kelemahan diagram semantic berikut dengan evaluasinya. Pada BAB IX MODEL DATA HIERARCHYCAL membahas tentang komponen, menggambar, contoh, kelebihan dan kelemahan model data hierarchycal berikut dengan evaluasinya. Pada BAB X MODEL DATA NETWORK membahas tentang komponen, menggambar, contoh, kelebihan dan kelemahan model data network berikut dengan evaluasinya. BAB XI MODEL DATA RELATIONSHIP. Pada BAB XII SCHEMA DAN SUBSCHEMA BASIS DATA menjelaskan definisi, model data, diagram kerelasian antar relasi, notasi relasi schema dan subschema serta instance schema berikut dengan evaluasi dari keseluruhannya. Pada BAB XIII ASPEK PENGEMBANGAN BASIS DATA membahas tentang tujuan, langkah, analisis kelayakan pengembangan basis data dan evaluasi. Pada XIV STUDI KASUS PERANCANGAN BASIS DATA menjelaskan tentang teknik dan langkah perancangan database serta contoh studi kasus dan evaluasi.
Setelah selesai membaca dan mempelajari buku ini kita dapat menemukan berbagai kelebihan dan juga kekurangan pada buku ini. Adapun kelebihan buku ini secara garis besar kita dapat mengetahui konsep basis data, pemodelan data, perancangan basis data dengan teknik normalisasi dengan disertai gambaran-gambarannya sehingga menambah pengetahuan kita tentang basis data khususnya bagi mahasiswa Ilmu Komputer/Informatika. Tetapi buku ini memiliki keterbatasan atau mungkin kekurangan, yaitu kata-katanya bertele-tele atau tidak langsung membahas tentang hal-hal apa saja yang akan dijelaskan, terlalu banyak kata-kata mungkin akan lebih baik jika gambar-gambarnya ditambahkan agar lebih menarik dan mudah dipahami, contoh gambaran masalah tiap bab berbeda-beda sehingga untuk orang awam mungkin akan sulit untuk dipahami.
Buku ini mungkin ditujukan khususnya untuk mahasiswa jenjang sarjana bidang Ilmu Komputer/Informatika, tetapi bagi khalayak umum lainnya yang tertarik untuk mengenal dan mempelajari konsep basis data buku ini sangat cocok dimiliki untuk menunjang hal tersebut.
Terima Kasih

2 comments:

  1. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Basis Data
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3037/1/88.pdf
    semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas masukannya. Tiga point bisa saya tangkap, yakni: penggunaan kata-kata yang masih bertele-tele, contoh setiap bab sebaiknya saling terkait, dan perlunya penambahan gambar. Terimakasih, saya catat sebagai masukan. Semoga bisa muncul edisi perbaikannya. Salam, GBU.

    ReplyDelete